ummihirzi@gmail.com

ummihirzi@gmail.com
Isi blog ini adalah makalah yang pernah saya buat dan presentasikan di IKA FK Unand, juga artikel kesehatan yang sudah dimuat di kolom Opini Media Lokal/Regional.

Mengenai Saya

Foto saya
Lahir di Bireuen, Aceh, tanggal 05 September 1977. Alumni FK Universitas Syiah Kuala Aceh. Dan telah memperoleh gelar Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Aktif sebagai pengurus IDAI Aceh, IDI Aceh Besar, Anggota Komunitas Rhesus Negatif Aceh dan sebagai Konselor Menyusui juga Ketua Aceh Peduli ASI (APA)...

Selasa, 25 Februari 2020

Bullying Pada Anak

Beberapa waktu lalu kita terkejut saat membaca berita dimana seorang pelajar di salah satu sekolah menengah pertama (SMP) di Jakarta meninggal karena upaya bunuh diri yaitu dengan melompat dari lantai empat sekolahnya. Dari informasi yang beredar dikabarkan bahwa siswa tersebut selama ini sering mengalami bullying atau perundungan (walaupun sudah dibantah oleh pihak sekolah). Terlepas dari betul tidaknya kabar tentang bullying tersebut, hal ini sangat membuat ngilu. Sebelumnya juga ada beberapa kasus yang hampir sama, terjadi bunuh diri pada remaja karena mendapat perlakuan (dibully). Sungguh miris!

Minggu, 23 Februari 2020

Cegah Stunting dengan MP ASI Berkualitas


Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) bahwa angka stunting pada anak balita yaitu 30,8% dan pada baduta 29,9%, menunjukkan penurunan dibandingkan Riskesdas 2013 dengan angka stunting 37,2%. Meskipun tren angka stunting mengalami penurunan, akan tetapi angka stunting kita masih berada di bawah rekomendasi WHO (yaitu di bawah 20%). Persentase stunting di Indonesia secara keseluruhan masih tergolong tinggi dan harus mendapat perhatian khusus.

Senin, 03 Februari 2020

Corona Oh Corona



Serangan virus Corona menjadi trending topic saat ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia bahkan juga di Aceh banyak masyarakat awam yang mulai membicarakan virus ini. Postingan di media sosial setiap harinya tidak terlepas dari pembahasan ataupun sekedar membagikan informasi tentang virus ini. Pada tanggal 31 Desember 2019, WHO China Country Office melaporkan kasus pneumonia yang tidak diketahui penyebabnya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. Sampai dengan 30 Januari 2020, secara global 7830 kasus konfirm di 20 negara dengan 170 kematian. Rinciannya berupa: China 7761 kasus konfirmasi (termasuk Hongkong, Taiwan, dan Macau) dengan 170 kematian, Jepang (7 kasus), Thailand (14 kasus), Korea Selatan (4 kasus), Vietnam (2 kasus), Singapura (10 kasus), USA (5 kasus), Nepal (1 kasus), Perancis (5 kasus), Australia (7 kasus), Jerman (4 kasus), UAE (4 kasus), Kanada (3 kasus), Kamboja (1 kasus), Finlandia (1 kasus), Srilanka (1 kasus).

Tertarik dengan kegiatan dan layanan informasi yang kami berikan?
Anda dapat memperoleh informasi terbaru melalui email.